resume
resume

7 Cara Agar Resume Kamu Menarik

Bagi anda menulis resume pertama kali bisa menjadi proses yang menakutkan. Perekrut atau biasa kita kenal sebagai HRD menghabiskan rata-rata enam detik meninjau resume sebelum membuat keputusan awal tentang kandidat, menurut penelitian yang dilakukan oleh TheLadders, layanan pencocokan pekerjaan online untuk para profesional.

“Banyak pelamar tidak tahu apa yang harus dan tidak boleh dimasukkan dalam resume pertama mereka,” kata Amanda Augustine, konsultan karier dan pakar manajemen karier untuk TheLadders. “Meskipun tidak ada aturan yang baku ketika menulis resume – itu benar-benar tergantung pada konten apa yang harus Anda kerjakan, ada beberapa pedoman awal yang harus diikuti oleh semua pelamar atau job seeker.”

Menurut pakar mengatakan hal-hal paling penting untuk dipikirkan ketika Anda membuat resume pertama Anda adalah tujuan pekerjaan Anda dan pembaca. “Tanyakan pada diri sendiri: Jika saya menyerahkan resume kepada seseorang yang tidak tahu apa-apa tentang jurusan kuliah atau arah karier saya, bisakah mereka dengan mudah mengidentifikasi jenis peran yang saya inginkan dan mengapa dalam 30 detik pertama?”

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang membuat resume menjadi hebat, kami meminta Augustine untuk membuat sampel yang bagus untuk seseorang dengan sedikit atau tanpa pengalaman. Walaupun resume Anda mungkin terlihat berbeda, tergantung pada industri tempat Anda berada,

berikut sebagai panduan yang berguna bagi fresh graduate dengan sedikit pengalaman kerja:

1. Tata letaknya rapi dan mudah dibaca.

Jenis font yang sama digunakan di seluruh dokumen. Tanggal dan lokasi direpresentasikan secara konsisten, sehingga mudah untuk dibaca dan memilih informasi penting. “Selain itu, tajuk dan bagian utama dari informasi dipusatkan pada halaman, yang diungkapkan oleh studi pelacakan TheLadders adalah bagaimana perekrut cenderung untuk menerjemahkan resume,” katanya.

2. Buat profil social media khusus untuk profesional pencari kerja.

Walaupun mungkin terlihat sedikit prematur, penting bagi pelamar untuk mengembangkan kebiasaan media sosial yang baik sejak awal. “Buat satu profil profesional yang didedikasikan untuk karir masa depan Anda, kami menyarankan Jika Anda belajar untuk bekerja di bidang yang lebih kreatif, pertimbangkan untuk mengembangkan portofolio online untuk ditampilkan sebagai bagian dari informasi kontak Anda. Selain itu, tingkatkan pengaturan keamanan pada akun pribadi Anda sehingga tersembunyi.”

Contoh Resume Kreatif Kekinian

3. Tujuan pencari kerja jelas.

Misalnya Judul dan ringkasan resume dengan jelas menunjukkan minatnya untuk mendapatkan magang dalam periklanan atau hubungan masyarakat. “Jika resumenya diteruskan kepada seseorang oleh seorang teman, pembaca tidak perlu menebak,” kata Augustine. “Sementara merek pribadi Maria masih dalam pengembangan, rangkumannya merujuk pada nilai yang sudah dia bawa ke meja: tingkat yang dia kejar, pengalamannya menggunakan media sosial, dan keterampilan menulisnya.

4. meningkatkan nilai jual pada pelamar.

Maria sedang mengejar magang pertamanya dan tidak memiliki pengalaman kerja yang relevan untuk dibicarakan. “Alternatif lainnya ialah, menggeser di sekitar komponen dalam resume untuk menunjukkan kekuatannya: kursus yang relevan, kegiatan kepemimpinan, prestasi, dan keterampilan,” jelas Augustine. “Pengalaman kerjanya dipindahkan ke bagian bawah resume karena tidak secara langsung terkait dengan tujuan magangnya.” Namun, penting untuk memasukkan informasi ini karena ini menunjukkan etika dan keterampilan kerja Maria.

5. Ini termasuk beberapa referensi ke sekolah menengah.

Jika Anda mengejar magang pertama Anda, tidak apa-apa untuk memasukkan beberapa informasi tentang karir sekolah menengah Anda. Ini termasuk penghargaan, penghargaan, atau beasiswa yang mungkin Anda terima atau olahraga. Jika Anda mengucapkan pidato perpisahan di kelas Anda, atau Anda memegang jabatan di kampung ataupun menjadi remaja masjid, sertakan dalam resume pertama Anda, kata Augustine. “Informasi ini melukiskan gambaran bagi pembaca seorang siswa yang berpengetahuan luas yang aktif yang tidak hanya keluar masuk sekolah.”

6. Sertakan keterampilan tentang social media marketing.

“Jika Anda tumbuh dengan Facebook dan saluran media sosial lainnya, mungkin konyol untuk menambahkan ini ke resume Anda  tidak semua orang tahu melakukan cara social media marketing?” dia berkata. “Tetapi kenyataannya adalah bahwa pengetahuan ini merupakan aset bagi banyak pengusaha, dan tidak semua orang memilikinya.” Jika Anda menargetkan peluang magang dalam pemasaran, hubungan masyarakat, periklanan, jurnalisme, atau bahkan layanan pelanggan, sertakan keterampilan ini dalam resume Anda. Banyak pengusaha mencari pekerja magang untuk membantu mengelola merek online mereka; menambahkan keterampilan ini ke ringkasan tentang Anda akan membantu mereka menemukan Anda.

7. Jangan Sertakan Daftar Referensi.

Anda tidak perlu baris di bagian bawah yang berbunyi: “Referensi tersedia atas permintaan.”

Sebagai mahasiswa, Anda hanya mendapatkan satu halaman ringkasan tentang anda, jadi jangan sia-siakan dengan informasi ini. “Pengusaha tidak meminta informasi itu sampai Anda membuat wawancara tatap muka, dan mereka tahu Anda akan memberikannya jika mereka memintanya,” katanya.

Penting untuk diingat bahwa pengalaman bukanlah segalanya- dan, untungnya, pengusaha yang mengisi magang tidak mengharapkan Anda untuk memiliki banyak hal sebelumnya, kata Augustine. “Namun, mereka ingin melihat seorang pelamar tersebut aktif sehingga bisa menunjukkan minat yang tulus pada posisi mereka.”

Jadi, ketika Anda duduk untuk menulis ringkasan biografi singkat pertama Anda, cobalah untuk memikirkan pekerjaan Anda sebelumnya dengan cara baru. “Jika pengalaman Anda tampaknya tidak terkait dengan magang yang Anda inginkan, pikirkan keterampilan apa yang telah Anda praktikkan atau pelajari yang dapat diterapkan,” katanya. “Misalnya, sebagai pelayan Anda pasti akan mengembangkan keterampilan dalam layanan pelanggan, penjualan, dan melakukan banyak tugas, yang semuanya bisa sangat berharga bagi calon majikan.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *