tiup-karet-gelang
Jepretan @Mahardika Setiawan

Nostalgia Kerajinan Dari Karet Gelang Tahun 90 an, Asli Gagal Move On

karet gelang – Kalau melihat permainan zaman dulu, teringat dengan kehidupan masa kecil lampau. Rasa senang dan bahagia saat pulang sekolah, pastinya langsung main. Namanya makan pasti lupa, sampe emak suka ngomong mulu. Tong, makan dulu napah. Pulang sekolah udah lupa banget sama makan, seragam saja berserakan dimana-mana.

Biar gimanapun cuacanya, pastinya ada permainan yang dimainkan. Tidak mengenal hujan maupun panas, pastinya ada saja permainan yang bisa dimainkan. Kayanya bebas banget waktu masa lampau, tidak mengenal nyari uang. Dipikiran saat kecil itu belajar dan bermain.

Mungkin yang lahir tahun 90 an, pastinya akan terniang masa kecil yang kocak. Emak bilang “sudah item kepanasan, selain itu ingusan lagi, tong-tong maen mulu sih lu”. Ah pokoknya kocak dan bahagiannya, yang tak bisa didapatkan jaman ini. Biar bagaimanapun mainan itu apa, tetap ceria dan damai banget.

Karet Gelang

karet gelang
karet gelang by @Pixabay

Yah ini dia media permainan masa jaman 90 an. Sayang permainan ini tidak lagi ditemukan, di kalangan zaman now. Ada beberapa permainan, yang bisa dikembangkan dengan permainan karet gelang ini. permainan yang bisa di mainkan, di dalam ruangan atau diluar ruangan. Dengan harga ekonomis, permainan ini membuat kami bahagia. Diantara beberapa kreasi yang dikembangkan sebagai media permainan.

Lompat tali karet

Lompat tali karet ada 2 permianan yang bisa di kreasikan. Permainan ini memiliki sejarah, dan memiliki beberapa manfaat permainan lompat tali karet. Tidak sekedar permainan, tetapi mengekuatkan kekuatan kaki, menjaga keseimbangan serta menyehatkan saraf dan otak. Inilah kreasi lompat tali karet.

1. lompat tali karet

Permainan tali karet gelang ini dimainkan, minimalnya harus tiga orang. Main tali karet ini bisa di mainkan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Namun jika di dalam ruangan, perlu membutuhkan ruangan yang lumayan lebar. Alasannya biar lelulasa saat ancang-ancang, untuk meloncati tahapan atas. Biasanyan permainan ini paling lincah itu adalah wanita. Sampai tahapan atas saja, perempuan pastinya kekejar.

Cara mainnya cukup mudah, peserta harus bisa melompat beberapa tahapan tanpa mengenai karet. Mulai dari tahapan setinggi dengkul, sampai 2 jengkal dari kepala. Urutannya sebagai berikut :

a. Setinggi lutut
b. Lanjut pusar
c. Dada
d. Telinga
e. Kepala
f. Satu jengkal tangan
g. terakhir 2 jengkal tangal

lompat-tali-karet
Jepretan @gedelilattalit

Momen indah :

a. Paling kesel, orang yang megang karetnya tinggi.
b. Jika mengenal gaya ini pasti anda akan terbahak-bahak dengernya. Yaitu ada istilah loncat gaya biawak.
c. Paling kocak lagi, saat loncat tahapan atas. Karenan saking memakasakan, celana sobek.
d. Paling kesel main sama cowo, kalau bagian cewe laki-laki suka pada didepan liat daleman rok.
e. Dan lebih kocak lagi, kalau tali karetnya putus. Kena jepretan talii karet dah, para pemegangyna deh.

2. Lompat tali karet ayun (skipping atau sapintrong)

Permianan lompat karet ayun ini, seperti permainan karet diatas. Cuman cara bermainnya saja yang berbeda. Jadi cara mainnya, para pemegang karet mengayun-ayun tali karet gelang. Dan pemainnya perlu meloncat-loncat ditempat, dengan syarat tidak mengenai karet. Biasanya permainan ini, ada beberapa adegan yang perlu dimainkan.

spintrong-skipping-loncat-tali-karet
Jepretan @Playgroup/TK Tadika Puri

a. Lompat biasa
b. Lompat sambil tepuk tangan
c. Lompat sambil memegang pinggang
d. Lompat pake satu kaki
e. Lompat sambil jongkok
f. Lompat sambil berputar
g. Lompat sambil mata merem

Moment indah:

a. Kesel banget kalau yang mengayun karet gelang, kadang kecepatan ayunan suka naik turun ga jelas.
b. Nih paling kocak saat disuruh lompat sambil merem, taunya tali karetnya ga diayun-ayun. Mereka malah ngetawain terbahak-bahak, yang lebih parah lagi malah ditinggal.

Ada beberapa sebutan nama permainan ini, tiap daerah terkadang sama ataupun berbeda. Ditempat kalian dilahirkan apa namanya coba ?

– Yeye
– Lompat tali
– Putar tali
– Diklabang
– Lasut
– Loncat tinggi
– Sepintrong/ spintrong atau sapintrong
– Mini-mini
– Setrengan
– Sumpringan
– Gaple
– Loncatan

Kreasi karet jari

Kreasi karet gelang penuh dengan imajinasi, saat gelang karet berada di jari. Hayo siapa yang suka pakai karet di pergelangan tangan ?. pada masa kecil, gelang karet selalu menemani kita berada. Dia selalu setia dan memahami saat kondisi sendirian, saat menunggu orang dan lagi kesel. Pasti anda ingin mencoba kembali kreasi seni karet dengan menggunakan jari. Karet udah dijari sudah pastinya, seribu kreasi siap menjadi apapun.

kreasi-karet-gelang
Jepretan @Syamsul Anwar‎

a. Membuat kupu-kupu
b. Membuat balon
c. Membuat pesawat terbang
d. Membuat gunting
e. Membuat bintang
f. Membuat simpul
g. Bikin pistol karet
h. Dan yang lebih mantap lagi, sebagai alat sulap.

Momen lucunya :

Saat makan terasa pahit semua, lah orang dari tadi mainan karet gelang mulu. Pahit deh saat tangan kena mulutnya.

Penghapus portable

Weleh-weleh pastinya anak jaman sekarang, sudah dibekali dengan komplit untuk peralatan tulisnya. Sekalinya hilang, nangis dan laporan deh sama guru atau sama orang tuanya. Peralatan tulis legendaris waktu yang sering dipake biasanya, pennsil dengan warna hitam merah dan ada penghapunya di atasnya.

Nah penghapus pensil yang satu ini, kerap sekali jadi bahan gigitan. Terkadang saking kesel dan ga bisa ngerjain tugas, digigit lah tuh penghapus hingga copot. Yah yang namanya udah copot, sudah barang kali cepet ilang. Orang penghapus kecil banget lagi.

penghapus-karet-gelang
Edited @Bagas Phewe

Nah pelengkap pensilnya, biasanya ada penghapusnya. Yang lagi trend jaman dulu itu penghapus dengan gambar lambang bendera dan alphabet, itu penghapus biasanya di ciumin mulu. Karena penghapusnya memang wangi sih, udah kaya makanan kalau lagi laper mah. Namun kelemahan penghapus ini, cepet habis dan ilang juga.

Dan penghapus bendera negara ini, suka dicoretin sama pulpen karena warna dasarnya putih. Dan ada lagi penghapus, yang super konon bisa ngehapus catatan pulpen. Itu kerasnya minta ampun, bukanya hilang malah yang ada robek bukunya. Tapi bener juga sih, yang penting kan hilang.

Udah deh pokoknya, ortu mah suka galakin mulu kalau peralatan tulis udah pada ilang. Nah biar ga dimarahin orang tua, akhirnya ada alternatif lain untuk penghapus. Biasanya dengan membeli es mambo ( es yang diplastikin, terus diikat dengan karet). Lalu karet gelangnya di ikat dan dilinting dipensil, siap pakai deh penghapus portablenya.  Selain itu, sekalinya ngehapus belepetan kemana deh itu item.

Estafet karet gelang

Biasanya permainan ini dilakukan untuk lomba. Jadi ga biasanya kalau bermain estafet untuk kesehariannya. Karena estafet karet ini perlu membutuhkan banyak orang, sehingga kerja timenya keliatan.

Estafet-karet-gelang
Jepretan @AnTok Rt‎

Momen yang bikin ngakak itu :

– Partnernya tinggi, jadi saat estafet gelang karet agak susah. Jadinya malah sodok menyodok mulut.
– Bikin geli, saat mindahin karet gelang ga tahan pengen ketawa. Kalau lihat muka partner kita jadinya pengen ketawa , alhasil sedotan dan cairan nyembur muka temen.

Tiup karet gelang

tiup-karet-gelang
Jepretan @Mahardika Setiawan

Cara bermainnya cukup seru dan gampang. Jadi yang menang dalam permainan ini, gelang karet kita menimpa lawan. Cukup denga tiup meniup karet, sehingga beradu dengan karet lawan. Jadi permainan ini perlu di bidang datar, seperti di taroh dilantai.Momen indah ini, saling sembur menyembur tuh banyu kulakan. Yang pada akhirnya bukan main malah berantem.

Itulah mainan era tahun 90 an, bermain karet gelang bikin ngangenin sampai saat ini. Artikel berikutnya tentang kreasi gelang karet, yang bisa anda coba dan perkenalkanlah kepada anak. Jangan sampai permainan ini di telan jaman, karena gimanapun juga permainan ini sangat bagus untuk imajinasi dan kesehatan anak. Yuk kepoin cara kreasi karet gelang bersama bikinapa.com.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *