mudahnya bikin rak tali

Mudahnya Bikin Rak Tali

Halo pembaca setia bikinapa.com, ini adalah postingan pertama saya dengan judul Mudahnya Bikin Rak tali, untuk meramaikan situs yang katanya akan menjadi booming loh.

Karena menurut ownernya bakalan menjadi situs DIY terbesar diindonesia dengan Multi Author, jadi katanya sih pengunjung luar bisa memposting hasil DIY nya disini, dan nanti bakalan dibikin kontes, makanya saya tertarik untuk mengisi postingannya.

Sepertinya si owner bikinapa.com mirip dengan intructables.com nih, tapi ini versi indonya kali ya? Kalau beneran konsep nya sama, bakalan beneran rame nih web. Apalagi kreator indonesia sangat banyak. Yuk ah ramaikan.

Yuk lah langsung ke topik Mudahnya Bikin Rak Tali.

Kalian pernah liat rak tali ? gambarnya seperti ini kalau gak tau:

mudahnya bikin rak tali

Nah seperti itu ya, lalu gimana bikinnya?
Yuk lah simak caranya dibawah, siapin dulu ya bahan bahannya:

Alat dan bahan

  • bor
  • 1/2 “Forstner bit
  • 1/2 “sisal rope
  • selotip pelukis
  • 6 ‘pegangan
  • pensil
  • gunting
  • noda
  • compang-camping
  • perekat konstruksi
  • pistol tertidur
  • pita pengukur
  • mitra melihat
  • (opsional) jangkar drywall
  • 1/2 “dowel
  • 1 kotak 3.25 “lantai kayu keras
  • pengampelas orbital
  • Bantalan pengamplasan 40-grit
  • poliuretan
  • stud finder
  • tingkat
  • meja gergaji
  • set ratchet
  • sarung tangan
  • kacamata pengaman

mudahnya bikin rak tali

Buset banyak amat yak? Kalo gak punya ya gpp, yaang ada aja dipake, jangan diambil pusing ya… Lanjutkan

Langkah 1: Menyiapkan Papan

Temukan berbagai papan yang kira-kira berukuran sama. Saya menggunakan dua papan per rak. Gunakan gergaji meja untuk merobek lidah dari salah satu papan. Papan ini akan berada di depan rak. Robek alur dari papan kedua. Ini akan menjadi bagian belakang rak yang naik ke dinding. Lidah yang tersisa di papan belakang akan mengunci ke dalam alur papan depan.

Langkah 2: Potong Papan sesuai Panjang Rak

Potong papan dengan panjang yang Anda inginkan untuk rak Anda. Ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran ruang Anda. Tiga rak kami adalah 5 ’, 4’, dan 3 ’. (Sekali lagi, setiap rak adalah lebar dari dua papan lantai.)

Langkah 3: Persiapan

Jika Anda menggunakan papan lantai yang sudah jadi, Anda bisa membiarkannya apa adanya atau mengecatnya dengan cat atau plitur. (Kami memilih untuk mewarnai ulang.) Jika Anda mempertahankan warna natural kayu, cukup anda cat dengan clear, lanjut  ke langkah berikutnya. Jika Anda menginginkan tampilan khusus, gunakan sander orbital untuk menghapus bagian akhir dari semua papan. Lakukan ini sebelum papan direkatkan karena cara ini Anda dapat mengakses sisi dan alur.

Langkah 4: Merekatkan Papan

Rekatkan papan dengan panjang yang sama untuk membuat setiap rak. Gunakan lem kayu atau lem fox untuk merekatkanya. Lalu rekatkan papan tersebut hingga kering dan menempel

Langkah 5: Melubangi Papan

Setelah papan menempel, gunakan bor dengan 1/2 “Forstner bit untuk mengebor lubang untuk tali. Mata bor yang digunakan harus berukuran hampir sama dengan tali yang digunakan untuk menggantung rak. Bor dua lubang di setiap ujung rak agar menggantung. Mulai dengan rak 3 ‘dan lanjutkan dengan mengebor rak 4’ dan 5 ‘, mengarahkannya sehingga berbaris untuk menggantung dari tali yang sama. Bor lubang kira-kira 2 inci dari ujung papan dan memusatkan dari depan dan belakang.

Langkah 6: Pewarnaan Papan

Jika anda menginginkan warna natural atau warna alami kayu, silahkan lewati langkah ini, namun jika anda ingin mengecatnya silahkan cat dengan warna kesukaan anda dan atau menyesuaikan warna dinding anda, agar serasi dengan warna rak.

Langkah 7: Cut dan Stain Dowels

Dowels akan dimasukkan ke dalam tali untuk menahan rak-rak di tempat. Potong dowel menjadi 3 “potongan; menunggu orientasi rak 8-14 akan dibutuhkan. Noda potongan paku dengan warna yang sama dengan rak.

Langkah 8: Hang Railing

Gunakan stud finder untuk menandai kancing di dinding tempat rak akan menggantung. Di dekat bagian atas dinding, kira-kira 8 “sampai 12” dari langit-langit, gantung pegangan di kancing. Jika kancing tidak sesuai dengan pegangan pastikan untuk menggunakan jangkar drywall untuk mendukung berat pegangan dan rak dengan barang.

Langkah 9: Prep Rope

Potong tiga lilitan tali kira-kira 10 ‘. Ini bisa lebih dari yang dibutuhkan untuk rak, tetapi mulai dengan kelebihan akan memungkinkan lebih banyak jarak antara rak dan akan lebih mudah untuk mengikat simpul di bagian bawah rak terendah. Untuk menjaga tali agar tidak berjumbai, lilitkan pita pelukis di sekitar ujung tali sampai simpul terakhir telah diikat.

Langkah 10: Bungkus Rope pada Pegangan

Jalankan tali ke atas dan di atas pegangan, lingkar sekali di sekitar pegangan agar lebih stabil. Tali-tali harus digantung dengan panjang yang sama.

Langkah 11: Thread Rope Melalui Rak

Jalankan tali berakhir melalui lubang di rak-rak sesuai urutan yang diinginkan dari atas ke bawah. Ikat simpul di tali di bawah rak bawah di setiap tempat tali datang melalui lubang.

Langkah 12: Sesuaikan Tinggi Shelf

Sebelum menempatkan rak atas, gunakan tingkat untuk memastikan rak-rak lurus. Ketika rak-rak yang tersisa telah ditempatkan pada ketinggian yang diinginkan, pisahkan kepangan tali dan masukkan batang kayu melalui tali untuk rak untuk diduduki. Gunakan tingkat untuk memastikan rak-rak lurus. Ulangi untuk semua rak dan gerakkan simpul di bawah bagian bawah untuk menyesuaikan ketinggian rak bawah. Setelah bagian bawah rak di ketinggian yang diinginkan memotong tali berlebih dan gaya rak Anda.

Udah ah capek nulisnya, xixixixi
Puyeng yak? Sama saya juga. wkwkwk

Yaudah itu aja Mudahnya bikin rak tali, sampai ketemu di konten berikutnya ya.

 

Comments

comments

One thought on “Mudahnya Bikin Rak Tali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *